Menit Times

Senin, 11 Maret 2013

Asik, tidak ada PR dari Sekolah lagi

(MenitTimes, Riau), Untuk mendukung program keagamaan, mulai tahun ajaran baru 2013/2014 kalangan pelajar di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, tidak lagi terbebani Pekerjaan Rumah (PR) dari sekolah.

Kalangan tenaga pengajar dan sekolah dilarang keras berikan PR lagi mulai tahun ajaran baru mendatang.

Tidak adanya PR, lebih disebabkan kegiatan di malah hari pelajar di Rohul cukup padat seperti kesibukan Maghrib Mengaji, sekolah sore di Madrasah Diniyah (MDa) dan Taman Pengajian Alquran (TPA).

Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Rohul, Muhammad Zen, mengungkapkan, mulai tahun ajaran baru mendatang, seluruh tenaga pendidik dan sekolah tidak lagi mengacu kurikulum dan Lembar Kerja Siswa (LKS).

Semakin padatnya jadwal siswa mengikuti berbagai kegiatan pendidikan agama di luar sekolah, beban PR dari sekolah justru semakin memperburuk prestasi kalangan siswa.

Banyaknya kegiatan, banyak menuai keluhan dari kalangan siswa dan orang tua karena mata pelajaran yang diajarkan tenaga pengajar di sekolah tidak dapat dicerna.

"Kedepannya, bagaimana guru mampu dapat membedah dan memahami kurikulum. Selain larangan memberikan PR, guru dan pihak sekolah juga tidak dibenarkan memerjual belikan LKS kepada siswanya,” demikian penegasas M Zen, Senin (11/3/2013).

Mulai tahun ajaran baru mendatang, kata M Zen, tidak ada lagi alasan apa pun dari pihak sekolah untuk memberikan PR kepada siswanya.

"Pelajaran cukup diselesaikan dan dituntaskan di sekolah. Hal ini untuk mengurangi beban siswa sehingga mereka bisa sekolah agama sore hari," himbaunya.

Program Maghrib Mengaji, program Shalat Maghrib dan Isya berjemaah, serta program Menghafal Ayat-ayat Pendek yang dilakukan siswa di masjid, menyebabkan kalangan siswa tidak mampu lagi mencerna pelajaran yang diberikan dari pihak sekolah.

M Zen berharap, bagaimana siswa berfikir cerdas, tanpa terbebani dan uneg-uneg lain, seperti PR atau tugas sekolah, dan lainnya.

"Melalui kebijakan yang akan diterapkan mulai tahun ajaran baru ini, maka SDM di Rokan Hulu lebih meningkat lagi,” kata M Zen lagi. (mnt*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar